Kamis, 27 Desember 2012

Bab 8


Bab 8
A.Proses pengambilan keputusan
Langkah-langkah dalam proses pengambilan keputusan adalah :
1.mengindentifikasi masalah
2.mengevaluasi solusi alternative
3.mengimplentasikan solusi yang terbaik
4.melakukan pemeriksaan pasca-implementasi
B.Prinsip-prinsip manajemen
Prinsip yang paling langsung  memengaruhi system  pelaporan manajemen adalah:
1.formalisasi pekerjaan
2.tanggungjawab dan ototrisasi
3.jangkauan control
4.manajemen dengan pengecualian
C.fungsi,level dan jenis keputusan manajemen
Jenis jenis keputusan manajemen antara lain:
1.keputusan perencanaan strategis
   -menetapkan tujuan perusahaan
   -menentukan ruang lingkup aktivitas bisnis
   -menentukan atau memodifikasi struktur organisasi
   -menetapkan filosofi manajemen
 Keputusan perencanaan strategis memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
 -kerangka waktunya jangka panjang
-mereka memerlukan informasi yang lebih ringkas
-keputusan ini biasa tidak berulang
 -keputusan strategi berkaitan mebghadapi ketidakpastian tingkat tinggi
-keputusan ini mempunyai ruang lingkup yang luas dan secara mendasar mempengaruhi      perusahaan
-perusahaan strategis memerlukan sumber informasi eksternal maupun internal
2.keputusan perencanaan teknis
3.keputusan control manajemen
4.keputusan control operasional
D.Struktur masalah
Struktur masalah memiliki 3elemen , yaitu :
1.Data , nilai yang digunakan untuk mewakili factor-faktor yang relevan dengan masalah tersebut
2.prosedur,urutan langkah-langkah atau peraturan keputusan yang digunakan untuk memecahkan maslah
3.Tujuan,hasil yang ingin dicapai pengambil keputusan dengan memecahkan masalah tersebut
Masalah tidak terstruktur adalah masalah yang tidak memiliki teknik solusi spesifik.
E.jenis-jenis laporan manajemen       
Laporan manajemen dapatmengambil bentuk fisik sesuai dengan yang diinginkan atau dibutukan pemakainya.Dapat berupa dokumen kertas atau imaji elektronik yang disajikan diterminal computer. Laporan tersebut berisi informasi verbal,numeric,grafis atau kombinasinya.
Laporan manajemen dibagi dalam 2 kelas besar yaitu :
1.Laporan yang deprogram
2.:Laporan khusus
F.Akuntansi Pertanggungjawaban
Konsep akuntansi pertanggungjawaban berimplikasi bahwa setiap peristiwa ekonomi yang mempengaruhi organisasi adalah tanggungjawab dan dapat dilacak ke manajer individual.
Bentuk yang paling umum dari pusat pertanggungjawaban adalah :
1.Pusat biaya : merupakan satu unit organisasional dengan tanggungjawab atas manajemen biaya dalam batas-batas anggaran.
2.Pusat laba : seorang manajer pusat laba bertanggungjawab untuk mengonol biaya dan menghasilkan pendapatan.
     3.pusat investigasi  : manajer pusat investigasi memiliki otorisasi umum untuk mengambil keputusan yang secara mendasar memengaruhi organisasi.
G.Pertimbangan perilaku
Prinsip-prinsip manajemen yaitu otorisasi,tanggungjawab, dan formalisasi pekerjaan ketika diterapkan dengan benar dalam suatu organisasi akan mempromosikan keserasian tujuan (goal congruence).
Jadi salah satu tujuan laporan adalah untuk menstimulasi perilaku yang konsisten dengan tujuan perusahaan akan tetapi ketika ukuran kinerja yang tidak tepat digunakan , laporan itu tidak memiliki efek menstimulasi perilaku yang konsisten dengan tujuan perusahaan.
1.sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam proses pengambilan keputusan ?
      Langkah-langkah dalam pengambilan keputusan yaitu :
1.mengindentifikasi masalah
2.mengevaluasi solusi alternative
3.mengimplentasikan solusi yang terbaik
4.melakukan pemeriksaan pasca-implementasi
2.sebutkan prinsip-prinsip manajemen yang paling langsung memengaruhi system pelaporan manajemen ?
1.formalisasi pekerjaan
2.tanggungjawab dan ototrisasi
3.jangkauan control
4.manajemen dengan pengecualian
3. sebutkan dan jelaskanjenis jenis keputusan manajemen
1.keputusan perencanaan strategis
2.keputusan perencanaan teknis
3.keputusan control manajemen
4.keputusan control operasional
4.sebutkan dan jelaskan jenis-jenis laporan manajemen
1.laporan yang deprogram
2.laporan khusus
5.
7. 4 pusat pertanggungjawaban
            1.Pusat biaya : merupakan satu unit organisasional dengan tanggungjawab atas manajemen biaya dalam batas-batas anggaran.
            2.Pusat laba : seorang manajer pusat laba bertanggungjawab untuk mengonol biaya dan menghasilkan pendapatan.
               3.pusat investigasi  : manajer pusat investigasi memiliki otorisasi umum untuk mengambil keputusan yang secara mendasar memengaruhi organisasi.
              6. 3 elemen pusat struktur masalah
1.Data , nilai yang digunakan untuk mewakili factor-faktor yang relevan dengan masalah tersebut
2.prosedur,urutan langkah-langkah atau peraturan keputusan yang digunakan untuk memecahkan maslah
3.Tujuan,hasil yang ingin dicapai pengambil keputusan dengan memecahkan masalah tersebut
               8.sebutkan 2 tujuan pelaporan umum
Untuk menstimulasi perilaku yang konsisten dengan tujuan perusahaan akan tetapi ketika ukuran kinerja yang tidak tepat digunakan , laporan itu tidak memiliki efek menstimulasi perilaku yang konsisten dengan tujuan perusahaan.
                 9. cirri-ciri keputusan perencanaan tragis
               -kerangka waktunya jangka panjang
-mereka memerlukan informasi yang lebih ringkas
-keputusan ini biasa tidak berulang
 -keputusan strategi berkaitan mebghadapi ketidakpastian tingkat tinggi
     10.Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengevaluasi solusi alternative
           a.kriteria keputusan
           b.identifikasi kriteria keputusan dan menetapkan nilai tertimbang
           c.merating setiap alternative
           d.menghitung nilai tertimbang.




                
              

           














           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar